Perencanaan Penulisan Karangan Ilmiah

ilustrasi penulisan


Dalam menulis sebuah karangan ilmiah, dibutuhkan perencanaan-perencanaan yang matang agar tulisan yang dihasilkan bagus dan rapi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merencanakan sebuah penulisan karangan ilmiah :

1.      Pemilihan Topik

Penentuan topik adalah salah satu bagian terpenting dalah penulisan karangan/karya ilmiah. Kita sering kali dibingungkan dengan perbedaan antara topik dengan tema. Topik adalah medan atau lapangan masalah yang akan digarap dalam karya tulis atau penelitian sedangkan tema adalah pernyataan sentral atau pernyataan inti tentang topik yang akan ditulis. Tema bersifat masih hipotesis yang masih memerlukan pembinaan atau penolakan dengan cara penelitian. Penentuan topik juga harus dipikirkan secara matang agar karangan ilmiah yang ditulis dapat menarik pembaca.

2.      Pembatasan Topik

Tujuan pembatasan topik adalah agar karangan/karya ilmiah yang ditulis dapat terfokus pada satu titik bahasan. Sehingga memudahkan penulis dalam menulis.

3.      Pemilihan Judul

Pemilihan judul berguna untuk menggambarkan seberapa dalam dan luas cakupan dari penelitian tersebut. Pemilihan judul yang baik juga akan membuat pembaca tertarik untuk membaca dan memberikan penilaian terhadap karya tulis.

4.      Menentukan Tujuan Tulisan

Dalam membuat penulisan karangan/karya ilmiah, penulis juga harus menjelaskan tujuan dari penulisan dan penelitian tersebut. Hal ini diperlukan agar pembaca dapat mengetahui manfaat dari penelitian tersebut.

5.      Menentukan Kerangka Karangan

Kerangka karangan berisi detail perencanaan secara garis besar dari suatu karangan yang akan dibuat, dan merupakan kumpulan ide-ide yang tersusun rapi, jelas, sistematis dan terstruktur.
Beberapa fungsi kerangka karangan :

  1. Menjamin penulisan bersifat konseptual, menyeluruh, dan terarah. 
  2. Memudahkan dalam menciptakan klimaks yang berbeda. 
  3. Menghindari penggarapan topik lebih dari sekali. 
  4. Memudahkan dalam penjabaran topik yang dibahas.

6.      Langkah-langkah Penulisan Ilmiah

Metode ilmiah penelitian dan pengembangan menulis karya ilmiah adalah suatu cara untuk pelaksanaan secara sistematis dan objektif yang mengikuti langkah-langkah menulis karya ilmiah sebagai berikut :
1.      Melakukan observasi dan menetapkan masalah dan tujuan.
2.    Menyusun hipotesis. Berisi dugaan-dugaan yang menjadi penyebab dari obyek penelitian. Hipotesis ini merupakan prediksi yang ditetapkan ketika penulis melakukan pengamatan terhadap obyek penelitian.
3.      Menyusun rancangan penelitian. Berisi kerangka kerja untuk penelitian yang dilakukan.
4.      Melaksanakan percobaan berdasarkan metode yang direncanakan.
5.      Melaksanakan pengamatan dan pengumpulan data.
6.     Menganalisis dan menginterpretasikan data. Setelah melakukan percobaan dan pengumpulan data, langkah selanjutnya adalah menginterpretasikan segala kondisi yang terjadi pada saat pengamatan.
7.      Merumuskan kesimpulan. Langkah ini bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan dari serangkaian proses percobaan, pengamatan, penganalisaan, dan penginterpretasian terhadap objek penelitian.
8.      Melaporkan hasil penelitian.

Postingan populer dari blog ini

[UPDATE] TWRP 3.0.0-0 For Samsung Galaxy V SM-G313HZ

Philz Recovery 5.15.9 For Spreadtrum SC8830

[CUSTOM ROM] Nemoid ROM v1