Definisi Bahasa dan Fungsi Bahasa

ilustrasi bahasa

Bahasa memiliki banyak pengertian dan definisi. Seperti yang dikemukakan oleh sebagian para ahli sebagai berikut :
  1. Bill Adams : Bahasa adalah sebuah sistem pengembangan psikologi individu dalam sebuah konteks inter-subjektif.
  2. Sudaryono : Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.
  3. William A. Haviland : Bahasa adalah suatu sistem bunyi yang jika digabungkan menurut aturan tertentu menimbulkan arti yang dapat ditangkap oleh semua orang yang berbicara dalam bahasa itu.

Berdasarkan definisi di atas, bahasa juga memiliki fungsi dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Felicia (2001 : 1), dalam berkomunikasi sehari hari, salah satu alat yang paling sering digunakan adalah bahasa, baik lisan maupun tulisan.

Bahasa juga memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yaitu sebagai alat untuk mengekspresikan diri, sebagai alat untuk berkomunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial dalam lingkungan atau situasi tertentu, dan sebagai alat untuk melakukan kontrol sosial (Keraf, 1997: 3).

Maka, secara umum fungsi bahasa adalah sebagai berikut :
1. Bahasa sebagai sarana komunikasi.Dengan adanya bahasa, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain. Baik dengan orang yang kita kenal maupun baru memulai perkenalan. Adanya kesamaan bahasa juga memudahkan seseorang dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

2. Bahasa sebagai alat ekspresi diri.
Bahasa juga bisa digunakan sebagai alat ekspresi diri dan menyatakan pendapat. Contohnya seorang pengarang lagu yang mengekspresikan dirinya ke dalam bait-bait lagunya. Tujuannya adalah agar orang lain yang mendengarkannya dapat ikut merasakan apa yang ia rasakan sesuai dengan lagunya.

3. Bahasa sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial.
Bahasa disamping sebagai salah satu unsur kebudayaan, memungkinkan pula  manusia memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman -pengalaman itu, serta belajar berkenalan dengan orang-orang lain. 

4. Bahasa sebagai alat kontrol sosial
Contoh penggunaan bahasa sebagai alat kontrol sosial adalah dakwah agama atau ceramah.  

Setiap bangsa atau negara memiliki bahasa nasional masing-masing. Salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Bahasa nasional selain digunakan sebagai alat pemersatu bangsa, juga sebagai identitas dan kebanggaan nasional. 

Secara umum, fungsi Bahasa Indonesia menurut kedudukannya sebagai bahasa nasional adalah :
1. Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Kebanggaan Nasional.
2. Bahasa Indonesia Sebagai Lambang identitas Nasional.
3. Bahasa Indonesia Sebagai Alat pemersatu seluruh Bangsa Indonesia.
4. Bahasa Indonesia Sebagai Alat penghubung antar Budaya dan antar Daerah.



Sumber
1. https://aldyforester.wordpress.com/2013/03/24/pengertian-dan-fungsi-bahasa/
2. https://www.academia.edu/3614957/FUNGSI_BAHASA
3. http://www.dosenpendidikan.com/10-pengertian-fungsi-dan-kedudukan-bahasa-indonesia/

Postingan populer dari blog ini

[UPDATE] TWRP 3.0.0-0 For Samsung Galaxy V SM-G313HZ

Philz Recovery 5.15.9 For Spreadtrum SC8830

[CUSTOM ROM] Nemoid ROM v1