Berawal Dari Pinjaman Sang Ipar, Perusahaan Karet Ini Berhasil Mendunia !!!





Goodyear, nama salah satu merk ban di Indonesia yang sudah lama dikenal masyarakat local maupun dunia. Siapa sangka ? Perusahaan yang dibangun oleh Frank Seiberling pada 1898 ini awalnya menggunakan uang pinjaman dari sang ipar. Berkat usaha keras pendirinya, Goodyear berhasil menjadi produsen ban yang disegani di dunia. 

Dikutip dari web resmi Goodyear Indonesia, perusahaan ini mulanya terdiri dari 13 pekerja dan memproduksi ban-ban sepeda dan kereta, alas tapak kaki kuda, serta chip untuk bermain poker, dan terus berkembang yang akhirnya membawa perusahaan ini menjadi perusahaan karet terbesar di dunia pada tahun 1926. 

Perusahaan Goodyear berpusat di Akron, Ohio, USA. Didirikan pada tanggal 29 Agustus 1898. Seiring berjalannya waktu, Goodyear pusat mengembangkan usahanya ke Indonesia dengan diawali dibukanya perkebunan karet di Sumatera Utara pada tahun 1926, Kemudian pada tahun 1935, di Bogor didirikan pabrik ban pertama di Indonesia sekaligus sebagai alamat kantor pusatnya dengan nama PT. Goodyear Indonesia yang semula bernamah "N.V. Goodyear Tire & Rubber Company Limited”. Pada tanggal 10 November 1980, Goodyear Indonesia menawarkan 15% sahamnya dengan nilai nominal sebesar Rp 1.000 (seribu rupiah) per lembar saham kepada masyarakat melalui Bursa Efek Jakarta (BEJ). Mulai sejak itu nama perusahaan yang semula perseroan berubah menjadi PT. Goodyear Indonesia, Tbk.

Oke.. Saya rasa sejarah singkat tentang perusahaan penghasil ban ini sudah cukup. Sekarang kita mengenal ‘agak’ lebih dalam ke perusahaan ini dengan menilik ke struktur organisasinya :

bagan struktur organisasi goodyear indonesia


Berdasarkan bagan struktur organisasi PT. Goodyear Indonesia, Tbk. di atas, kita dapat simpulkan bahwa PT. Goodyear Indonesia, Tbk dipimpin oleh seorang Managing Director. Dan dengan dibantu oleh 8 divisi utama yaitu Manufacturing, Finance, Human Resources, Supply Chain, Marketing, Sales, Pricing, dan Customer Satisfication. Setiap jabatan memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing, di antaranya :

1. Managing Director
Bertugas sebagai seorang komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola (manajer), dan eksekutor. 

2. Manufacturing
Bertanggung jawab terhadap perencanaan produksi dan proses produksi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

3. Finance
Bertanggung jawab terhadap keuangan perusahaan.

4. Human Resources
Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pengadaan, pengaturan dan pengawasan sumber daya manusia dan kepegawaian.

5. Supply Chain
Bertanggung jawab terhadap proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut.

6. Sales
Bertanggung jawab terhadap kegiatan perencanaan pemasaran dan/atau penjualan produk.

7. Pricing
Bertugas terhadap penetapan harga.

8. Customer Satisfication
Bertanggung jawab terhadap laporan tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk.

9. Dan tim-tim managemen lainnya yang saling bekerja sama.

PT. Goodyear Indonesia, Tbk. termasuk perusahaan yang dinamis. Karena setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha direncanakan secara matang, mulai dari skema organisasi, pengadaan departemen, penetapan wewenang dan tugas, serta pembagian tanggung jawab masing-masing departemen tersebut. Goodyear juga merupakan organisasi yang menganut sistem kerja sama dalam setiap kegiatan usahanya guna mencapai tujuan bersama.

Organisasi PT. Goodyear Indonesia, Tbk. juga termasuk ke dalam organisasi yang modern. Ini dibuktikan dengan semakin bertambah besarnya perusahaan tersebut. Daya jual saham perusahaan pun relatif meningkat.

diagram saham goodyear indonesia
diagram saham goodyear indonesia

Diagram di atas berdasarkan laporan tahunan 2013.

Pada tahun 2013 juga, Tim Quality Technology berhasil mendapatkan penghargaan dalam 3 kategori, yaitu Kualitas Mixing Terbaik, Keseragaman Berat Ban, dan Pencapaian Terbaik Penurunan Limbah dan Keseimbangan Kerja. Secara internal, PT. Goodyear Indonesia, Tbk juga dikenal karena Team Work dan kepemimpinannya yang solid. Ini dibuktikan dari sejumlah penghargaan yang diterima pada tahun 2013, satu di antaranya adalah “2013 Sales Leadership Award Asia Pasific”. Keren bukan ??

Goodyear Indonesia juga sangat memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawannya. Goodyer Indonesia juga berkomitmen dalam menciptakan tempat kerja yang mendukung bakat dan membangun tim, dan memberikan kesempatan berkolaborasi kepada karyawan untuk menghasilkan solusi yang cerdas demi mendorong kesuksesan bisnisnya.

Dengan demikian, Goodyear Indonesia termasuk organisasi niaga yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) karena perusahaan ini mempunyai tujuan utama yaitu mencari keuntungan dengan menjual produk-produknya. Goodyear juga termasuk organisasi dengan lingkup internasional dengan berpusat di Akron, Ohio, USA. dan Goodyear Indonesia sebagai anggotanya.


Referensi :
1. Laporan Tahunan PT. Goodyear Indonesia, Tbk. tahun 2013
2. Laporan Tahunan PT. Goodyear Indonesia, Tbk. tahun 2012
    http://www.goodyear-indonesia.com/media/Laporan%20Tahunan%202012%20-%20PT%20Goodyear%20Indonesia,%20Tbk.pdf


Tugas Sofskill
Nama : M. Saeful Rokhman
Kelas : 2KA24
NPM : 15113602

Pos populer dari blog ini

[UPDATE] TWRP 3.0.0-0 For Samsung Galaxy V SM-G313HZ

Philz Recovery 5.15.9 For Spreadtrum SC8830

[CUSTOM ROM] Nemoid ROM v1